7 Cara Trading Saham yang Mudah dan Aman

Saat ini kegiatan trading sedang ramai dilakukan oleh banyak orang.  Pengertian dari trading adalah sebuah aktivitas beli jual saham, mata uang, dan instrumen lainnya. 

 

Sedangkan, saham adalah salah satu penawaran pasar modal yang paling umum. Karena potensi pengembaliannya tinggi, sehingga populer di kalangan banyak orang. 

 

Untuk menghasilkan pendapatan yang maksimal, tentunya perlu mempelajari dasar-dasar perdagangan saham dan investasi.

 

Banyak orang memilih untuk berinvestasi di pasar saham. Trader adalah orang yang membeli dan menjual saham untuk mencari nafkah.

 

Rata-rata orang ketika mendengar kata trading selalu berpikiran bahwa itu adalah hal yang sulit dan rumit. Namun, banyak orang juga yang merasakan bahwa trading saham tidak sesulit yang dibayangkan setelah mencobanya. 

 

Terdapat banyak cara yang mudah yang bisa kita pelajari. Misalnya, trading online yang bisa dilakukan melalui ponsel pribadi. 

 

Kali ini akan membahas tentang 7 cara yang mudah dan aman dalam melakukan trading saham.

Tentukan Indeks Saham

 

Diketahui dalam BEI Bursa Efek Indonesia, terdapat 22 jenis indeks saham yang berbeda.  Maka dari itu pilihlah jenis indeks saham yang tepat. Salah satu contoh jenisnya yaitu Indeks LQ45, IDX30, IDX 80, Kompas 100, Bisnis27, Investor33 serta MNC36 yang memiliki likuiditas tinggi dan didukung oleh perusahaan professional.

Pilihlah Perusahaan Sekuritas yang Tepat

 

Memilih perusahaan sekuritas yang tepat adalah hal yang penting dalam melakukan trading saham. Hal itu bertujuan untuk menjadi perantara jual beli saham. Disarankan pilih perusahaan sekuritas yang menawarkan persentase harga rendah sekitar 0,20% agar mendapatkan keuntungan sesuai harapan. 

Atur Periode Trading Saham

 

Cara mendapatkan keuntungan yang cepat pilihlah trading saham yang berjangka pendek, tetapi dapat membuat kerugian yang cukup besar juga. Jika memilih periode jangka panjang, peluang dapat keuntungannya lebih besar dengan catatan saham tersebut mempunyai kinerja yang baik. 

Pahami Fitur-Fitur di Aplikasi Trading

 

Mengetahui dengan banyaknya aplikasi trading, hal itu memungkinkan bahwa fitur-fiturnya juga ada yang berbeda. Tidak ada salahnya untuk memahami perbedaanya agar semakin paham ketika mulai melakukan trading saham. Dimulai dengan pahami apa itu analysis, stock screener, top stock, dan fitur lainnya. 

Lakukan Dengan Modal yang Rendah

 

Sebagai pemula sebaiknya lakukan trading saham dengan modal yang rendah terlebih dahulu, agar mencegah terjadinya kerugian. Semuanya berjalan secara bertahap. Setelah sudah paham cara mainnya maka boleh memulai dengan menginvestasi modal besar demi mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

Beli Saham Waktu Harga Turun

 

Untuk pemula tidak hanya memulai dengan modal yang rendah saja tetapi belilah saham saat harga juga sedang turun. Bukan berarti saham dengan harga yang rendah itu buruk. Harga saham dapat berubah-ubah dengan waktu yang tidak ditentukan. 

Cek Perkembangan Saham

Cara terakhir yaitu rutin mengecek perkembangan saham di bursa efek. Dengan melakukan pengecekan yang sering akan memudahkan untuk menemukan saham yang dijual dengan harga rendah.

 

Kegiatan trading saham harus dilakukan dengan sabar. Kurangnya kesabaran adalah satu-satunya penghalang terbesar untuk perdagangan saham yang sukses. 

 

Pemula harus mulai dengan modal kecil dan meningkatkannya seiring dengan meningkatnya keahlian mereka. Jika rugi harus tetap tenang dan cobalah dengan membeli saham yang sedang di obral. Hal itu mampu mengembalikan kondisi rugi menjadi untung ketika kondisinya sudah stabil kembali. 

 

Demikian, 7 cara trading saham yang penting untuk dipahami oleh seorang pemula.