asuransi kesehatan bri

Asuransi Kesehatan BRI : Ketentuan dan Plus Minusnya

Selain BPJS, masih banyak jenis-jenis asuransi kesehatan yang bisa digunakan, salah satu contohnya yaitu asuransi kesehatan BRI. Asuransi kesehatan yang disediakan oleh Bank BRI ini dikenal dengan BRI Life, yang menawarkan premi termurah dengan berbagai manfaat terbaik.

Untuk menggunakan BRI Life, ada perlu memenuhi beberapa ketentuan yang berlaku. Sama sepeerti asuransi lainnya, BRI Life juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Selanjutnya ini akan diulas untuk Anda bagaimana mekanisme dan ketentuan menggunakan BRI Life beserta informasi terkait lainnya.

Tentang BRI Life

BRI Life merupakan layanan asuransi dari Bank BRI dalam hal asuransi jiwa, kesehatan, kredit mikro, pendidikan, dan sebagainya. Meskipun Anda bukan nasabah BRI, Anda bisa mendapatkan asuransi ini melalui agen-agen asuransi BRI Life yang siap membantu.

Premi yang ditawarkan juga terjangkau untuk semua lapisan masyarakat yang ingin menggunakan jasa asuransi kesehatan ini. Anda bisa membayar premi mulai dari 10 ribu rupiah saja untuk asuransi kecelakaan. Lalu untuk asuransi jiwa, premi dimulai dari 50 ribu tergantung kondisi keuangan nasabah.

Selain asuransi pada umumnya, BRI Life mempunyai layanan asuransi khusus muslim/muslimah dengan basis Syariah. Masih banyak lagi produk-produk BRI Life yang bisa dimanfaatkaN untuk pribadi dan keluarga dalam menyiapkan masa depan sesuai dengan kebutuhan dan finansial masing-masing.

Tata Cara Klaim

BRI Life menawarkan banyak klaim jaminan kesehatan. Mulai dari hal meninggal dunia, kecelakaan, rawat inap, rawat jalan, operasi, melahirkan, dan sebagainya. Untuk mengajukan pendaftaran asuransi BRI Life, maka Anda membutuhkan beberapa persyaratan yang harus dilampirkan.

Adapun beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk mendaftarkan diri. Pertama-tama Anda harus mengisi formulir mengenai klaim kesehatan mana yang akan dipilih. Kemudian, Anda perlu menyertakan surat kematian, surat keterangan kecelakaan, resume medis dan kwitansi asli (bawa sesuai kebutuhan).

Selain itu, KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga) tertanggung juga wajib disertakan (fotocopy). Kemudian, bawa juga salinan polis (asli atau fotocopy). Yang terakhir, Anda perlu membawa buku tabungan BRI, cukup sertakan copy buku tabungan saja.

Untuk kepesertaan yang bisa diajukan yaitu keluarga Anda atau pribadi dengan rentang usia 1 bulan hingga 64 tahun. Melihat ini, Anda yang menggunakan asuransi BRI untuk kesehatan ini akan terjamin untuk perlindungan kesehatan hingga hari tua.

Kelebihan Asuransi Kesehatan BRI

Asuransi kesehatan BRI ini mempunyai banyak manfaat atau kelebihan untuk para nasabahnya. Keunggulan pertama adalah jaringan yang luas, karena dukungan dari seluruh kantor Bank BRI di Indonesia. Hal ini bisa sangat memudahkan nasabah dalam hal apapun.

Hal ini bisa dilihat dari keuangan yang kuat dengan tingkat rasio solvabilitas 5 kali lebih besar dari standar. Dengan begitu Anda akam lebih merasa tenang dan aman ketika ingin mengajukan klaim, karena sudah pasti komprehensif dan terpercaya.

Satu hal yang menarik adalah BRI Life memberikan jaminan pengembalian premi hingga 110 persen di salah satu produk mereka, Bancassurance Lentera. Jaminan ini dikhususkan untuk golongan nasabah yang mungkin menderita penyakit kritis seperti kanker, gagal ginjal, stroke, dan semacamnya.

Jaminan tersebut bisa digunakan saat perawatan dan pengobatan bahkan saat nasabah yang sakit meninggal dunia. Premi per bulannya pun mulai dari 100 ribu saja, cukup terjangkau untuk melindungi diri dari biaya kesehatan di masa yang tak terduga.

Kelebihan lainnya yaitu penempatan dana investasi disesuaikan dengan profil nasabah. Kemudian, saat ini sudah ada aplikasi BRILife My Life yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai informasi polis dan pengajuan dengan lebih mudah dan cepat.

Yang terakhir, jika Anda berhenti atau mengundurkan diri dari BRI Life pada masa asuransi yang masih aktif, hasil investasi bisa ditarik tanpa potongan. Melihat banyak keuntungan yang didapat, apa sudah tertarik untuk menggunakan asuransi ini?

Kekurangan Asuransi Kesehatan BRI

Produk BRI Life memang cukup lengkap, namun masih ada kekurangan yang dimilikinya. Misalnya tidak ada layanan suransi kesehatan untuk personal yang bisa meng-cover biaya layanan rawat jalan, rawat inap, obat-obatan saat di rumah sakit.

Kekurangan lainnya adalah produk BRI Life berbasis Syariah masih kurang lengkap dalam hal penawarannya. Nilai tunai yang akan didapatkan nasabah juga tidak tentu, karena tidak ada jaminan hasil investasi, meskipun tidak ada biaya potongan saat Anda mengundurkan diri.

Kekurangan yang sering terjadi adalah komplain nasabah tentang kekeliruan atau pelayanan pengajuan klaim yang dirasa kurang. Dengan kekurangan yang ada, BRI Life diharapkan mampu memperbaiki layanan yang diberika sehingga memuaskan para nasabah.

Melihat ulasan di atas, asuransi kesehatan BRI tersebut sangat recommended bagi Anda yang membutuhkan. Dengan menggunakan BRI Life, Anda akan mendapatkan layanan terbaik untuk mengajukan, membayar, dan mencairkan dana dengan lebih cepat, mudah, dan sudah pasti terpercaya.