Kemudahan Membeli Saham Secara Online

Saat ini masyarakat mulai sadar jika menyimpan uang di tabungan saja tidaklah cukup. Salah satu instrumen investasi yang semakin populer dan sangat disukai oleh banyak masyarakat adalah saham. 

Masyarakat di Indonesia mulai melek dengan dunia investasi. Tren ini terjadi karena semakin canggih teknologi informasi sehingga berimbas langsung ke cara beli saham. Walaupun begitu masyarakat masih membutuhkan edukasi mengenai jual beli saham.

 

Cara Mudah Membeli Saham Secara Online


Bagi Anda yang masih pemula, membeli saham secara online ini menjadi satu hal yang cukup membingungkan. Hal tersebut masih wajar, lalu bagaimana cara untuk membeli saham online? Yuk kita lihat langsung cara beli saham online

Pilih pialang atau broker saham

Hal pertama yang harus dilihat saat akan memulai investasi saham tentukan dulu untuk memilih pialang atau broker saham. Pialang atau broker saham ini merupakan pihak yang punya peran penghubung dan menjadi perantara untuk pasar modal dengan investor. 

 

Pialang atau broker ini bisa sebuah perusahaan bisa juga individu. Selain bisa menghubungkan investor dengan pasar modal mereka juga akan bertanggung jawab atas pembelian dan penjualan saham yang investor lakukan. 

Daftar RDN dan mengunduh aplikasi

Saat membeli saham secara online, Anda wajib mendaftar dan membuka rekening saham di perusahaan pialang atau perusahaan sekuritas. Rekening yang ada di sini berbeda dengan rekening tabungan biasa, rekeningnya ini adalah Rekening Dana Nasabah (RDN) yang khusus untuk menyimpan modal di dalam transaksi saat jual beli saham

 

cara membuat RND ini cukup mudah, Anda bisa langsung menghubungi perusahaan pialang atau perusahaan sekuritas yang sebelumnya sudah Anda pilih. jika sudah Anda akan diminta untuk mengisi formulir dan melampirkan dokumen lainnya yang dibutuhkan. kemudian Anda ini bisa langsung mengunduh dan menggunakan aplikasi dari perusahaan sekuritas yang sudah dipilih.

Modal awal

Saat melakukan investasi yang dibutuhkan sudah pasti modal.Investasi saham juga membutuhkan modal. Besaran modal ini tentunya beda-beda, semuanya tergantung dengan pialang atau perusahaan sekuritas yang Anda pilih. 

 

Ada perusahaan pialang atau perusahaan sekuritas yang modal awalnya hanya Rp 50 ribu dan ada juga yang modal awalnya mencapai jutaan. pilihan modal ini bisa Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan Anda dalam investasi.

 

Mulai bertransaksi

Setelah Anda menyetorkan modal awal Anda bisa langsung mulai melakukan transaksi jual beli saham. Jika sudah Anda harus membayar dengan tarif yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut, nominalnya akan berbeda untuk setiap perusahaan.

 

Aplikasi untuk jual Saham Online Terbaik 

Bagi Anda yang masih merasa bingung dengan aplikasi yang bisa Anda pilih untuk melakukan investasi saham secara online, yuk langsung saja kita simak beberapa rekomendasinya untuk Anda di bawah ini:

Ajaib

Aplikasi yang pertama ada Ajaib, aplikasi yang satu ini dimiliki oleh Ajaib Group. Aplikasi ini menaungi Ajaib Reksa Dana dan Ajaib Sekuritas. Aplikasi ini memiliki berbagai kelebihan, diantaranya terdapat panduan dan juga rekomendasi untuk para penggunanya, hal ini sangat memudahkan para investor.

Bibit

Aplikasi yang kedua ada Bibit, aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang baru belajar bermain saham. Dalam aplikasi yang satu ini terdapat fitur untuk melakukan transaksi otomatis, jadi Anda tidak perlu melakukan secara manual. Aplikasi yang satu ini juga sangat aman dan sudah terdaftar dan diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Stockbit

Aplikasi yang terakhir ada Stockbit, aplikasi ini juga termasuk aplikasi jual beli saham secara online. Aplikasi ini pertama kali dibentuk oleh komunitas trading investasi saham. Aplikasi yang satu ini bisa memberikan Anda informasi penting mengenai dunia investasi. Aplikasi stockbit didalamnya sudah dilengkapi  dengan berbagai fitur canggih.

Setelah Anda mengetahui berbagai informasi mengenai saham dari mulai cara membeli hingga jenis aplikasi yang bisa Anda pilih, Anda jangan ragu lagi ya untuk investasi.