Ini-Negara-yang-Mengakui-Kemerdekaan-Indonesia-Pertama

Ini Negara yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia Pertama

Setelah Indonesia mengumumkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, ada beberapa negara yang mengakuinya. Hal tersebut tentu menjadikan Indonesia bisa membentuk negara kesatuan. Berikut daftar beberapa negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia pertama kali.

Negara Mesir

Mesir merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia sejak Ir. Soekarno secara resmi membacakan teks proklamasi. Negara yang memiliki ibu kota Kairo tersebut mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 22 Maret 1946.

Perdana Menteri Mesir pada saat itu menandatangi sebuah pengakuan kedaulatan dan kemerdekaan negara Indonesia. Penandatangan pengakuan tersebut bahkan disaksikan langsung oleh AR Baswedan dan H. Agus Salim.

Setelah kedaulatan Indonesia diakui oleh Mesir, H. Agus Salim selaku tokoh diplomasi dan Menteri Luar Negeri datang ke Kairo. Di sana, negara Mesir sepakat untuk mengadakan hubungan bilateral dengan Indonesia, tepatnya pada tahun 1947.

Negara Suriah

Setelah Mesir, negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah Suriah. Suriah merupakan salah satu negara yang dulu pernah membantu Indonesia saat dilanda agresi militer Belanda.

Akan tetapi, hubungan yang terjalin antara Indonesia dan Suriah sempat berhenti pada tahun 2011 karena di Suriah terdapat konflik. Dan saat ini, hubungan antara Indonesia dan Suriah hanya sebatas saling memberikan dukungan dalam forum Internasional.

Negara India

Pada tahun 1946, rakyat India tengah mengalami penjajahan dari Negara Inggris. Saat itu pula negara Indonesia berupaya untuk mengirimkan bantuan. Salah satunya adalah dengan mengirimkan 500 ribu ton beras kepada rakyat India yang menderita kemiskinan.

Ide tersebut dipelopori oleh Sutan Syahrir, Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Indonesia. Kemudian, di tahun setelahnya, H. Agus Salim memimpin delegasi dari Indonesia di acara Inter Asian Relations Conference di New Delhi.

Jawaharlal Nehru yang pada saat itu menjabat sebagai Menteri India menyatakan mengakui kemerdekaan Indonesia. Bahkan ia mengajak pemerintah yang lainnya untuk mengambil sikap yang sama.

Negara Lebanon

Negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia lainnya adalah Lebanon. Pengakuan kemerdekaan Indonesia secara de jure diberikan Lebanon pada tanggal 29 Juli 1947.

Dari situ hubungan bilateral antara Lebanon dan Indonesia pun mulai terjalin. Kemudian, pada tahun 1996, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Lebanon akhirnya berdiri. Tepatnya di kota Beirut.

Negara Yaman

Yaman memberikan pengakuan atas kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu pada tanggal 3 Mei 1948. Sejak pengakuan tersebut pula, Indonesia dan Yaman memiliki hubungan bilateral.

Bahkan hubungan antara keduanya semakin ditingkatkan, baik dari segi politik, sosial budaya dan ekonomi. Hubungan tersebut pun sudah berlangsung 70 tahun lamanya.

Negara Arab Saudi

Arab Saudi pun juga masuk dalam daftar negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Akan tetapi, hubungan bilateral antara Indonesia dan Arab Saudi baru terjalin pada tanggl 1 Mei 1950 dan berlanjut hingga sekarang.

Raja Salman selaku pemimpin Arab Saudi pernah melakukan kunjungan ke Indonesia pada tahun 2017. Pada saat itu, sang raja memberikan kesempatan kerja bagi rakyat Indonesia (TKI) bahkan saat ini pun tetap terjalin kerjasama yang baik di bidang haji.

Negara Vatikan

Vatikan dianggap sebagai salah satu negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia pertama di benua Eropa. Hubungan diplomatik yang terjalin antara Indonesia dan Vatikan dapat dilihat dari adanya KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Vatikan.

Kerjasama antara Vatikan dan Indonesia pun juga diperkuat dengan kehadiran Kedutaan Besar Negara Vatikan ke Jakarta. Ini tepatnya terjadi di tahun 1950.

Sudah tahukah Anda bahwa negara-negara di atas adalah sahabat Indonesia di awal-awal kemerdekaan? Bagi sebagian orang, tentu ini adalah informasi dan wawasan menarik, karena belum memahami akan sejarah tersebut sebelumnya.