Kelebihan Cloud Hosting

Banyak Diminati, Ternyata Ini Kelebihan Cloud Hosting

Cloud Hosting merupakan salah satu jenis layanan hosting yang dibangun oleh beberapa server yang tergabung menjadi satu cluster. Layanan ini banyak digunakan oleh pemilik website bisnis tertentu karena memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan cloud hosting dapat Anda pelajari melalui ulasan berikut.

Uptime Lebih Stabil

Dengan menggunakan cloud hosting, website atau aplikasi bisnis Anda dapat berjalan dengan uptime dengan lancar dan stabil. Hal ini berkat server cloud yang berjumlah sangat banyak memberi sumber daya atau resources yang tinggi.

Apabila salah satu server pada cluster gagal melaksanakan perintah dari pengguna, maka perintah tersebut akan dialihkan pada server lain. Sistem ini berjalan secara cepat dan otomatis sehingga waktu yang dibutuhkan untuk memproses perintah pun relative lebih cepat.

Scalability

Cloud hosting memiliki fitur unggulan berupa skalabilitasnya yang mudah. Melalui cloud hosting, kapasitas server cloud dapat dengan mudah ditingkatkan tanpa mengharuskan pembelian server fisik dengan sumber daya lebih besar. Hal ini tentu sangat bermanfaat ketika terjadi lonjakan trafik.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menurunkan resources dengan mudah ketika trafik kembali pada keadaan normal. Dapat dikatakan bahwa skalabilitas cloud hosting sangat fleksibel, dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, sehingga dapat mengurangi resiko website mengalami downtime dan offline.

Waktu Loading Lebih Cepat

Kecepatan waktu loading juga menjadi kelebihan cloud hosting. Kecepatan ini didukung dengan adanya teknologi bernama load balancing. Teknologi ini mampu membagikan beban resource ke beberapa server yang berbeda.

Pembagian beban tersebut menyebabkan berkurangnya beban muatan masing-masing server. Dengan demikian, web atau aplikasi bisnis yang berbasis cloud hosting memiliki loading time yang lebih cepat daripada web host lain yang hanya memiliki satu server.

Biaya Lebih Fleksibel

Biaya penggunaan layanan cloud hosting cenderung sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Memang, pada umumnya lebih mahal daripada paket hosting tradisional. Namun, jika dibutuhkan, cloud hosting juga memiliki pilihan hosting dengan harga lebih terjangkau.

Kini ada banyak cloud provider yang menyediakan layanan sistem pay as you go sehingga Anda hanya membayar sumber daya yang Anda gunakan selama sebulan. Cloud provider ini memiliki dashboard yang mudah digunakan untuk menambah maupun mengurangi resources.

Data Recovery Mudah

Data-data perusahaan merupakan hal yang sangat penting bagi berjalannya perusahaan tersebut. Cloud hosting dapat membantu menjaga data-data Anda. Layanan cloud hosting melindungi data Anda dengan storing dan backup data di lokasi yang berbeda.

Berbeda dengan paket hosting tradisional yang menyimpan data di satu lokasi, cloud hosting melindungi dan meningkatkan keamanan data dengan menyimpan backup-nya di tempat berbeda. Dengan demikian, kemungkinan terjadinya hilang data permanen cenderung menipis, meski ada masalah di server pusat.

Pengelolaan Manajemen Lebih Mudah

Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan menggunakan layanan cloud hosting, karena pengelolaan manajeman aplikasi host ini lebih mudah. Cloud hosting menyediakan berbagai control panel yang mirip dengan shared hosting sehingga lebih familiar dan mudah digunakan.

Kapasitas Traffic Lebih Besar

Cloud Hosting juga memiliki kelebihan pada kapasitas traffic-nya yang lebih besar daripada penyedia layanan host lainnya. Kelebihan cloud hosting ini dapat membuat Anda lebih tenang bahkan ketika terjadi website down karena layanan ini mengusung gotong royong server.

Server-server yang terdapat pada cloud hosting memiliki pembagian yang sesuai dengan kebutuhan website sehingga website Anda akan tetap aman meskipun banyak yang mengakses. Dengan demikian, Anda dapat leluasa focus pada pengembangan bisnis saja.