tips memilih asuransi kesehatan

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Selain BPJS

Asuransi merupakan jaminan atau pelindung finansial yang mungkin bisa dibutuhkan sewaktu-waktu. Jenis asuransi kesehatan dirasa paling penting karena bisa membantu saat Anda berobat. Kini sudah banyak ditemui asuransi kesehatan selain BPJS yang umum digunakan oleh sebagian besar orang.

Kenyataannya, banyak sekali orang yang asal memilih asuransi kesehatan tertentu tanpa memperhatikan kebutuhan dan kondisi finansial pribadi. Simak ulasan mengenai tips memilih asuransi kesehatan yang bagus di bawah ini wajib untuk diperhatikan.

Cek Kebutuhan Kesehatan Anda

Poin pertama yang harus diperhatikan adalah memilah asuransi kesehatan sesuai kebutuhan Anda. Ada beberapa jenis asuransi kesehatan, misalnya rawat jalan, rawat inap, biaya berobat, dan sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhan di masa mendatang yang mungkin dialami.

Cari Asuransi Kesehatan Yang Sesuai Budget

Karena tidak seperti BPJS yang terikat dengan Pemerintah, Anda perlu berhati-hati dalam memilih asuransi kesehatan selain BPJS. Carilah yang sesuai dengan keadaan finansial Anda, misalnya saja dalam hal pengangsuran setiap bulannya.

Untuk mendapatkan layanan dan keuntungan, setidaknya Anda perlu menyiapkan uang sekitar 10 persen dari pendapatan untuk kebutuhan asuransi ini. Atur keuangan Anda sebaik mungkin untuk jaminan kesehatan karena nantinya akan dimudahkan dalam segala proses jaminan kesehatan.

Agar tidak mengeluarkan budget besar, pilihlah asuransi yang menawarkan premi terjangkau. Hal ini akan meringankan Anda yang pendapatannya belum optimal. Anda tidak akan dibebani biaya premi yang terlalu besar, namun perlindungan kesehatan tetap diutamakan untuk Anda.

Pilih Asuransi Kesehatan Cashless

Tips selanjutnya ini akan memudahkan Anda sebagai nasabah. Hal ini karena Anda tidak perlu menyiapkan dana di awal, karena penyedia layanan asuransi akan meng-cover selama klaim Anda sesuai dengan ketentuan. Anda tinggal membayar tagihan berikutnya dengan rutin.

Gunakan Asuransi Kesehatan Online

Bila ada metode yang lebih praktis, kenapa memilih yang ribet? Saat ini layanan asuransi kesehatan sudah didukung oleh aplikasi online. Pilih yang sudah mendukung metode online untuk beberapa hal, seperti pembelian asuransi, pengangsuran, dan pencairan dana.

Adanya aplikasi asuransi online akan memudahkan Anda sejak pengurusan atau pembelian polis hanya melalui gadget. Selain itu, penggunaan aplikasi akan jauh lebih efisien. Anda tidak perlu lagi repot pergi ke lembaga asuransi terkait.

Anda Bisa Pilih Salah Satu Jasa Berikut

Setelah mengetahui hal-hal utama yang harus diperhatikan dalam menyeleksi berbagai macam asuransi kesehatan di lapangan, kini saatnya Anda mengenali beberapa asuransi kesehatan selain BPJS. Asuransi-asuransi kesehatan selain BPJS di bawah ini bisa dipilih karena sudah terbukti terpercaya.

Asuransi kesehatan selain BPJS ini sudah diawasi oleh otoritas OJK, sehingga sudah pasti aman. Anda juga akan menikmati banyak keuntungan jika menggunakan jenis asuransi kesehatan yang tepat. Bagi Anda yang sudah penasaran, berikut daftar nama-nama asuransi kesehatan yang bisa dipilih.

  • Allianz

Allianz menawarkan asuransi kesehatan rawat inap paling tinggi dibandingkan lainnya. Total premi dalam setahun adalah Rp 11.250.000. Namun, tetap ada limit untuk perawatan yang dilakukan tergantung kondisi yang ada. Kelebihannya adalah premi cukup murah.

  • Manulife

Manulife termasuk asuransi terbaik karena untuk jiwa dan kesehatan. Seperti lainnya, Manulife memberikan santunan kepada tertanggung yang meninggal dunia, namun jumlah santunan yang diberikan oleh Manulife sangat besar. Hanya saja, limit perawatan yang ditawarkan asuransi ini relatif rendah.

  • AXA

Asuransi AXA menawarkan total premi Rp 12.674.000 per tahun untuk rawat inap. Meskipun mahal, AXA tidak menerapkan batasan atau limit perawatan, hanya saja limit perawatan gabungan sebesar 80 juta per tahun. AXA juga menerapkan sistem cashless sehingga menguntungkan Anda.

AXA sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Lembaga ini termasuk perusahaan asuransi dengan aset terbesar di dunia. Jadi, tidak perlu ragu lagi dengan asuransi yang menawarkan banyak layanan terbaik ini.

Selain asuransi kesehatan, AXA juga menyediakan asuransi umum. Contohnya asuransi rumah dan aset, kendaraan, kecelakaan untuk pribadi dan keluarga. Ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan jasa asuransi yang memiliki banyak manfaat.

  • Cigna

Yang terakhir ada Cigna. Premi yang ditawarkannya sendiri tergantung dengan perbedaan total biaya kamar dan perawatan, tidak berdasarkan jumlah santunan. Tapi, manfaat asuransi Cigna lebih sedikit jika dibandingkan dengan asuransi lainnya. Menariknya, Cigna juga menerapkan sistem cashless.

Asuransi Cigna ini sangat cocok untuk Anda bagi Anda yang terbatas dalam hal keuangan tetapi ingin memiliki perlindungan kesehatan. Yang kedua, asuransi ini cocok untuk Anda yang sudah terdaftar dari kantor dan ingin menambah proteksi biaya kesehatan lain, karena biaya Cigna cukup murah.

Beberapa tips memilih asuransi kesehatan selain BPJS di atas bisa dijadikan pertimbangan untuk Anda. Asuransi kesehatan tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga untuk kesehatan keluarga. Pastikan Anda tidak salah dalam memilih jenis asuransi kesehatan yang banyak bermunculan saat ini.