asuransi mobil syariah

Ini List Asuransi Mobil Syariah Paling Recomended

Menjadi peserta asuransi mobil, memang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap pemilik mobil. Namun demikian, asuransi sering menjadi dilema, karena pada umumnya jasa asuransi menggunakan prinsip jual beli. Dalam hal ini, asuransi mobil syariah yang menerapkan hukum Islam bisa menjadi solusi.

Perusahaan asuransi syariah memang menerapkan hukum dan aturan dalam agama islam dalam pengelolaan dana asuransi. Perusahaan asuransi mobil apa saja yang berbasiskan hukum atau syariah agama islam yang bisa direkomendasikan, berikut ini beberapa diantaranya.

Takaful Umum

Asuransi mobil syariah Takaful Umum adalah perusahaan jasa asuransi yang melayani asuransi  untuk jenis kendaraan non bus atau non truk, bus, truk, pick-up, dan sepeda motor. Dengan kata lain, asuransi Takaful Umum ini melayani hampir semua jenis kendaraan.

Takaful Umum melayani dua jenis polis asuransi, yaitu TOL yang memberikan jaminan berupa klaim dengan besar biaya perbaikan sama atau lebih tinggi dari 75 % dari harga sebenarnya. Sedangkan jenis satunya adalah jenis Comprehensive yang menngkaver semua biaya yang dikeluarkan.

Jaminan yang diberikan jasa asuransi ini adalah kerugian yang dialami pemilik kendaraan akibat kecelakaan, benturan, kebakaran oleh petir, dan kehilangann karena pencurian. Selain itu, asuransi ini juga menanggung biaya derek menuju bengkel rekanan yang sudah ditentukan.

Otomate Syariah

Asuransi mobil yang bisa dijadikan rekomendasi selanjutnya adalah Otomate Syariah. Asuransi mobil ini merupakan jenis produk asuransi kendaraan bermotor dari Asuransi ACA. Perusahaan asuransi inni merupakan produk asuransi yang dikemas dalam bentuk paket asuransi.

Paket asuransi yang ada di perusahaan ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas. Di antaranya berupa fasilitas mobil pengganti, fasilitas perbaikan darurat, dan fasilitas mobil derek serta ambulans. Jenis fasilitas yang bisa didapatkan, tergantung dari besar premi yang telah disepakati saat pendaftaaran.

Untuk jenis asuransi yang diberikan oleh Takaful Umum adalah asuransi mobil All Risk. Jenis asuransi ini memberikan jaminan perlindungan atau disebut proteksi terhadap kerugian yang dialami pemilik mobil akibat kerusakan serta kehilangan kendaraan karena kasus pencurian.

Astra Buana Syariah

Asuransi Astra merupakan perusahaan asuransi terbesar yang memberikan berbagai jenis layanan asuransi termasuk asuransi mobil syariah. Prinsip yang dijalankan di sini mengacu pada hukum islam, sehingga memiliki perbedaan dengan jenis asuransi mobil lainnya yang bersifat konvensional.

Sebagai perusahaan asuransi terbesar, Astra Buana Syariah juga sudah bekerja sama dengan berbagai rekanan untuk memberikan layanan kepada para nasabahnya. Perusahaan ini memiliki cabang serta bengkel yang tersebar di berbagai wilayah nusantara.

Jenis asuransi yang diberikan oleh Astra Buana Syariah juga lengkap, yaitu jenis asuransi TLO yang memberikan klaim dengan biaya sama atau di atas 75 % dari keseluruhan harga. Selain itu, ada juga jenis asuransi comprehensive yang memberikan klaim penuh dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan.

Astra Buana Syariah menerapkan skema no claim bonus. Di sini para nasabah bisa mendapatkan bagi hasil yang biasanya dilakukan pada tiap akhir periode. Bagi hasil ini dilakukan berdasarkan perhitungan keuntungan, dengan syarat tidak terjadi klaim yang dilakukan nasabah pada periode sebelumnya.

Autocilin Ikhlas

Autocilin Ikhlas merupakan asuransi mobil syariah milik Adira insurance. Jasa asuransi ini melayani dua jenis asuransi yaitu jenis perlindungan comprehensive dan jenis TLO (Total Loss Only). Kedua jenis asuransi ini memberikan pilihan kepada konsumen berupa modifikasi iuran premi sesuai kebutuhan.

Baik pada jenis comprehensive maupun jenis TLO, Autocilin Ikhlas memberikan perlindungan yang mencakup ganti rugi untuk pihak ketiga, santuan untuk kecelakaan pada nasabah, ganti rugi biaya pengobatan, ganti rugi kerusakan mobil akibat banjir dan gempa, serta kerugian akibat adanya kerusuhan.

Kelebihan dari Autocilin Ikhlas ini adalah, nasabah memiliki kesempatan untuk mendapatkan bagi hasil dari dana asuransi. Bagi hasil ini dilakukan pada setiap akhir periode, dengan catatan, sampai akhir periode tersebut tidak terjadi klaim asuransi yang dilakukan oleh nasabah.

Garda Oto Syariah

Pada intinya, Garda Oto Syariah merupakan perusahaan asuransi yang hampir sama dengan perusahaan asuransi konvensionel lainnya. Yang membedakan adalah, akad yang dilakukan oleh perusahaan asuransi ini, dimana Garda Oto Syariah mengikuti kaidah dan hukum Islam yaitu saling tolong menolong.

Nasabah yang bergabung di Garda Oto Syariah ini juga bisa mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil. Kesempatan ini bisa didapatkan nasabah, apabila selama satu periode sebelumnya tidak terjadi klaim dari nasabah. Bagi hasil ini dihitung berdasarkan keuntungan yang didapatkan perusahaan.

Hampir sama dengan perusahaan asuransi mobil lainnya, Garda Oto Syariah juga memberikan jaminan kepada nasabah berupa penggantian biaya kerusakan, biaya tanggungan ke pihak ketiga, biaya pengobatan, serta biaya ganti mobil akibat kehilangan atau pencurian.

Asuransi mobil syariah memang hampir sama dengan asuransi mobil konvensional. Tetapi dengan penerapan hukum Islam serta transparasi dalam pengelolaan dana asuransi, ini akan membuat nasabah merasa lebih tenang. Hal tersebut tentunya menjadi satu kelebihan dari perusahaan asuransi mobil ini.