Rekomendasi Cairan Pembersih Mesin mobil Paling Ampuh

Rekomendasi Cairan Pembersih Mesin Mobil Paling Ampuh

Mesin mobil harus rutin dibersihkan agar tidak terjadi penumpukan kotoran sehingga membuatnya cepat rusak. Untuk membersihkan mesin mobil, Anda bisa menggunakan cairan khusus. Salah satu dari beberapa macam cairan pembersih mesin mobil berikut bisa coba Anda gunakan di rumah.

Prestone Engine Degreaser

Cairan pembersih mesin pertama yang bisa coba Anda gunakan adalah Prestone Engine Degreaser. Pembersih mesin tersebut sangat ampuh menghilangkan oli, debu dan kotoran yang lainnya. Tidak hanya dipakai untuk membersihkan mobil atau truk saja, namun juga bisa untuk mesin industri.

Prestone Engine Degreaser tersebut sangat efektif digunakan saat mesin berada dalam kondisi mati dan keadaannya masih hangat. Pertama-tama, Anda lepaskan saringan udara, kemudian tutup karburatornya. Lalu, semprotkan cairan pembersih ini ke bagian yang kotor.

Diamkan dulu selama 10 menit. Setelah itu, siram dengan air sampai bersih. Jika kotoran terlalu membandel, sikat saja bagian tersebut agar kotoran cepat terangkat. Mudah sekali cara menggunakannya. Cairan ini pun juga bisa dengan mudah ditemukan di toko perlengkapan mobil.

Waxco Anti Rust Engine Degreaser

Waxco Anti Rust Engine Degreaser juga merupakan cairan pembersih yang paling efektif. Semua debu, oli dan kotoran yang menempel pada mesin mobil dapat terangkat secara sempurna menggunakan cairan yang satu ini.

Selain efektif digunakan, cairan pembersih tersebut juga sangat aman apabila mengenai selang radiator, material plastik dan cat mobil. Cara menggunakannya pun juga sangat praktis, semprotkan saja pada bagian mesin yang kotor.

Gunakan kain basah untuk mengelapnya. Lap seluruh bagian mesin yang tadi sudah disemprot sampai bersih. Waxco Anti Rust Engine Degreaser bisa Anda beli di toko perlengkapan mobil terdekat. Harganya juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 80 ribuan saja.

Bardahl Engine Tune Up And Flush

Cairan pembersih mesin mobil selanjutnya adalah Bardahl Engine Tune Up And Flush. Pembersih yang satu ini merupakan jenis siram. Gunanya adalah untuk menghilangkan kotoran berupa lumpur, pernis atau endapan logam.

Cairan ini juga sebaiknya digunakan sebelum Anda melakukan penggantian oli. Dengan demikian, oli baru akan terjaga kebersihannya, tidak terkontaminasi dengan kotoran-kotoran lainnya yang tertinggal bersama oli yang lama.

Cara menggunakan cairan tersebut adalah dengan menuangkan 1 kaleng Bardahl Engine Tune Up And Flush ke crankcase sebelum oli diganti. Jalankan mesin setidaknya selama 15 menit agar cairan menyebar. Setelah itu, kuras oli yang lama, dan ganti bagian filternya kemudian isi dengan oli baru.

Cairan ini terbukti sangat ampuh. Tak heran jika harga yang ditawarkannya tergolong lebih mahal, yaitu sekitar Rp 150 ribuan.

Megacools Full Penetrate

Megacools Full Penetrate merupakan cairan pembersih produk lokal. Tidak hanya mampu membersihkan kotoran yang membandel pada mesin. Cairan tersebut juga berguna sebagai pelembap dan pelumas anti karat.

Megacools Full Penetrate bisa digunakan pada mesin yang berbahan plastik, stainless steel, karet maupun vinyl. Semprotkan Megacools Full Penetrate ke bagian yang menurut Anda kotor secara merata. Diamkan dulu selama beberapa menit.

Kemudian, lap bagian yang telah disemprot menggunakan kain atau gosok-gosok dengan sikat jika terdapat kotoran yang sulit dihilangkan. Lakukan secara pelan dan perlahan agar tidak merusak bagian mesin tersebut.

Cairan pembersih mesin mobil ini sangat mudah Anda jumpai di toko-toko yang menjual perlengkapan mobil atau di toko online. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 25 ribu saja Anda sudah bisa membersihkan mesin mobil secara mudah.