Cara Beli Saham Luar Negeri

Cara Beli Saham Luar Negeri yang Mudah

Peruntungan berinvestasi saham luar negeri sangatlah menjajikan. Hal tersebut membuat banyak orang tertarik menjajal pasar dunia. Transaksi saham luar negeri tergolong cukup kompleks, karena BEI tidak menyediakan platform untuk bertransaksi dengan perusahaan asing. Lalu, bagaimana cara beli saham luar negeri?

Pembelian saham yang dimiliki perusahaan asing tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar terhindar dari risiko penipuan dan kerugian. Selain itu, apabila Anda ingin membeli saham luar asing, Anda harus melakukannya secara mandiri.

Perhatikan Syarat Utamanya

Maraknya platform trading saham online, membuat banyak orang tertarik mencobanya dengan tidak memperhatikan beberapa hal. Mudahnya bertransaksi lewat digital membuat investasi saham sudah menjadi tren di masyarakat.

Untuk para pemula tidak perlu ragu, karena Anda bisa dengan mudah melakukan investasi untuk mendapatkan peruntungan. Namun, ada beberapa syarat dalam melakukan investasi saham, khususnya saham luar negeri.

Syarat utama yaitu investor harus berusia minimal 17 tahun ke atas, memiliki KTP dan buku tabungan atau rekening aktif. Jadi sebelum mendaftar, Anda perlu menyiapan beberapa dokumen persyaratan seperti KTP, buku tabungan, NPWP, dan dokumen penting lainnya.

Mengenali Identitas Perusahaan

Meskipun menawarkan keuntungan besar, investasi saham juga penuh risiko jika tidak dijalankan dengan baik. Anda harus mengenal perusahaan yang akan dipilih. Banyak sekali investor yang rugi karena tidak dibekali pengetahuan dan informasi yang cukup.

Jadi kenali dulu perusahaan luar negeri yang akan Anda pilih untuk investasi saham. Lihat sebesar apa kredibilitasnya. Cari informasi saham-saham yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Pantau juga pergerakan harga saham agar bisa memahaminya sebelum mulai berinvestasi.

Membuka Akun di Perusahaan Sekuritas

Cara beli saham luar negeri bisa dilakukan dengan membuka akun di perusahaan sekuritas terkait. Saat ini hampir semua perusahaan sekuritas membuat platform resmi digital. Platform online tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuka akun secara online sehingga lebih cepat dan fleksibel.

Untuk membuka akun di perusahaan sekuritas, ada formulir pendaftaran yang wajib diisi dengan benar. Melalui aplikasi, Anda bisa mengisi formulir secara online sehingga proses pembuatan akun menjadi lebihmudah. Formulir yang Anda isi akan digunakan sebagai jaminan data calon investor.

Membuka Rekening

Setelah akun berhasil dibuat, selanjutnya Anda harus membuka rekening lewat akun broker Ada. Lengkapi beberapa data dan tunggu proses verifikasi akun muncul. Jika sudah ada notifikasi verifikasi, maka rekening sudah aktif dan bisa digunakan untuk bertransaksi.

Pada awal pembukaan rekening, biasanya akan diarahkan untuk melakukan setoran awal. Jadi Anda harus mengisi saldo terlebih dahulu agar rekening tersebut bisa digunakan untuk bertransaksi.

Setoran awal tersebut menjadi rekening dana investor kepada nomor RDI. Jumlah setoran tersebut berbeda-beda tergantung pada perusahaan sekuritas yang Anda pilih.

Setor Dana

Langkah yang bisa dilakukan selanjutnya adalah menyetor dana. Anda bisa melakukan deposit ke rekening akun broker untuk digunakan bertransaksi dengan perusahaan internasional. Namun, biasanya setiap broker menentukan minimum dan maksimum setoran.

Membeli Saham

Tahap terakhir yaitu mulai membeli saham. Silakan pilih jenis saham yang ditawarkan oleh perusahaan. Anda disarankan membeli saat harga pasar saham turun, agar ketika harga saham naik Anda bisa menjual saham yang dimiliki.

Bagaimana, cara beli saham luar negeri di atas cukup mudah bukan? Beberapa syarat dan prosedur di atas wajib Anda pahami sebelum membeli saham perusahaan asing, agar terhindar dari penipuan dan menurunkan risiko kerugian.

Pencarian Populer

cara trading saham luar negeri