Tips Sukses Investasi Saham Bagi Para Pemula

Salah satu instrumen investasi yang cukup menggiurkan adalah saham. Investasi ini juga cocok untuk pemula. Persentase keuntungan yang ditawarkan untuk investasi ini cukup tinggi. 

 

Agar bisa mendapatkan keuntungan tersebut, terdapat beberapa cara yang wajib Anda pahami. Jika sebagai investor Anda sudah paham betul dengan jenis instrumennya maka investasi yang Anda lakukan akan memberikan keuntungan yang besar.

 

Dalam kesempatan kali ini mari kita bahas cara investasi saham untuk pemula. 

 

Cara Investasi Saham dari Nol

Bagi Anda pemula yang tertarik dalam investasi saham yuk kita simak bagaimana caranya:

  • Mulai dari sekarang

Belajar saham akan lebih baik jika dipelajari sejak dini. Jika sudah tahu mengenai investasi saham dari dulu maka Anda bisa memulai investasi dengan cepat. 

 

Jika Anda melakukan investasi sedini mungkin bisa membuat aset investasi yang Anda miliki jumlah yang semakin besar. Jadi berinvestasilah sejam muda demi mempersiapkan masa depan

  • Menentukan Tujuan

Saat akan memulai investasi tentukan dulu tujuan Anda dalam berinvestasi. Jika Anda sudah menentukan tujuannya maka arah Anda dalam melakukan investasi akan lebih jelas.

 

Menentukan tujuan di awal juga bertujuan untuk mengetahui berapa jangka waktu dalam investasi. Tujuan setiap orang dalam investasi pastinya akan berbeda-beda, ada yang berinvestasi untuk membeli rumah, membeli mobil, sampai tabungan masa tua.

  • Pelajari Karakteristiknya

Supaya investasi yang Anda lakukan berjalan lancar sebaiknya Anda pelajari mengenai karakteristik dari saham. Biasanya investasi ini akan mengikuti profil risiko dari investor. 

 

Bagi investor yang belum paham baik dengan risiko investasi saham, sebaiknya pilih saja produk investasi yang memiliki resiko yang kecil seperti Obligasi dan Reksa Dana.

 

Selain mempelajari mengenai risikonya, sebagai investor Anda juga perlu tahu mengenai penghasilan atau keuntungan yang akan Anda dapatkan. Keuntungan yang didapatkan dari investasi saham yaitu capital gain dan dividen.

  • Analisis Saham

Menganalisa saham sangatlah penting, manfaatnya Anda bisa mengoptimalkan keuntungan dan meminimalisir resiko kerugian saat melakukan investasi. Secara umum analisis saham dibagi menjadi dua, ada analisis teknikal dan analisis fundamental. 

 

Analisis teknikal bisa Anda lakukan dengan cara melihat history dari harga saham. Sedangkan analisis fundamental bisa Anda lakukan dengan menentukan nilai saham berdasarkan faktor finansial dan kondisi ekonomi dari perusahaan yang sahamnya ingin di beli.

 

Bagi Anda yang masih pemula Anda tidak perlu mendalami kedua aspek tersebut lebih detail. Hal yang jauh lebih penting bagi para pemula, bisa meminimalisir risiko, caranya dengan mencari perusahaan yang memiliki keuangan dan kondisi ekonomi yang baik.

  • Mencari Informasi Mengenai Perusahaan dan Literasi Keuangan

Sebagai seorang pemula terus perkaya diri Anda dengan mencari berbagai informasi mengenai perusahaan dan literasi keuangan. Jika Anda melakukan hal ini Anda bisa mengetahui lebih banyak informasi mengenai investasi saham dan beberapa istilah yang ada didalamnya.

 

Jika investor mengetahui banyak istilah dalam investasi saham dan berita yang berhubungan dengan perusahaan maka keuntungan yang didapatkan oleh investor bisa maksimal.

  • Mencari Perusahaan Sekuritas yang Terpercaya

Dalam memulai investasi carilah perusahaan sekuritas yang sudah pasti terpercaya. Carilah perusahaan yang sudah memiliki izin untuk melakukan perdagangan di bursa efek.

 

Investor harus bisa memastikan tempat mereka melakukan investasi sudah diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan sampai Anda melakukan investasi bodong, karena hal ini sangat merugikan. 

  • Menentukan Modal Saat Investasi

Menentukan modal saat investasi juga sangat penting karena modal ini bisa menjadi langkah awal saat melakukan investasi. Belajar investasi akan terasa lebih menantang jika Anda terjun secara langsung dengan membuka rekening.

  • Memilih Saham Unggulan

Sebagai seorang investor Anda harus bisa menentukan jenis saham unggulan yang bisa memberikan Anda keuntungan yang besar. Bagi pemula yang masih belum terlalu mengerti Anda bisa melakukan investasi di perusahaan yang ada di dalam daftar indeks LQ45.

  • Membuat Portofolio Semenarik Mungkin

Langkah terakhir yaitu dengan membuat portofolio Anda menjadi menarik. Portofolio ini merupakan kumpulan saham yang sudah dipilih investor untuk mendapatkan keuntungan.

 

Bagi investor pemula bisa berinvestasi di beberapa perusahaan yang ada di industri yang berbeda. Karena jika ada harga saham yang turun investor masih bisa mendapatkan keuntungan dari saham yang lain. 

 

Semoga dengan mengikuti cara yang telah di jelaskan di atas anda bisa menjadi investor yang sukses!