Cara Mengencangkan Rantai Motor yang Mulai Kendur

Cara Mengencangkan Rantai Motor yang Mulai Kendur

Lambat laun, motor yang Anda kendarai setiap hari tersebut pasti akan mengalami rantai kendur. Jika hal tersebut terjadi, Anda harus segera memperbaikinya. Pasalnya, rantai adalah salah satu komponen penting pada motor. Ikuti cara mengencangkan rantai motor yang tepat berikut ini.

Persiapkan Semua Alat yang Akan Digunakan

Sebelum Anda memulai untuk mengencangkan rantai motor, sebaiknya persiapkan dulu peralatan apa saja yang akan digunakan. Hal tersebut supaya Anda tidak perlu pergi-pergi lagi untuk mengambil peralatan yang belum tersedia.

Peralatan yang bisa disiapkan untuk mengencangkan rantai adalah kunci pas dan ring yang sesuai ukuran baut as roda serta mur untuk mengencangkan. Bisa juga Anda siapkan martil, siapa tau nanti dibutuhkan.

Standarkan Motor Menggunakan Standar Tengah

Langkah selanjutnya adalah ambil motor Anda dan taruh ditempat yang rata, kemudian standarkan menggunakan standar tengah. Hal ini bertujuan agar motor terangkat secara sempurna dan Anda akan lebih mudah ketika melakukan pengencangan rantai.

Longgarkan Mur As pada Roda

Setelah motor distandar tengah dengan benar, selanjutnya Anda bisa melonggarkan mur as pada roda. Cara melonggarkannya cukup mudah. Cukup putar salah satu bagian mur menggunakan kunci kemudian ambil kunci yang lain dan letakkan di sisi lainnya untuk menahan perputaran.

Saat pertama kali dikendurkan, mur pasti terasa berat dan keras. Lakukan dengan mengentakkan kunci agar mur cepat mengendur. Setelah itu, kendurkan pelan-pelan dan jangan sampai mur lepas secara keseluruhan. Tujuan pengenduran mur ini hanya agar roda belakang dapat digerakkan saja.

Longgarkan Baut Braket Kaliper

Bagi Anda yang memiliki rem belakang cakram, longgarkan pula baut braket kalipernya. Baut braket biasanya terletak di bagian swing arm suspensi, tepatnya di bagian kanan roda. Longgarkan baut menggunakan kunci ring.

Namun, jika Anda merasa kesulitan, gunakan kunci shock agar baut bisa dikendurkan secara lebih mudah. Jika motor Anda tidak menggunakan rem cakram, cara mengencangkan rantai motor yang satu ini bisa dilewati.

Putar Mur Adjuster

Setelah baut yang berhubungan langsung dengan rantai dikendurkan, langkah selanjutnya yaitu memutar mur adjuster. Mur tersebut ada dua dan tempatnya di bagian ujung swing arm. Dua mur tersebut ada di bagian sisi kiri dan kanan. Putaran yang dilakukan pun harus sama setiap bagiannya.

Jika sisi kiri Anda putar sebanyak 2 kali, maka bagian kanan juga demikian. Apabila setiap mur jumlah putarannya tidak sama, roda belakang menjadi tidak di tengah. Lebih baik juga Anda tidak langsung memutarnya dalam jumlah banyak. Lakukan secara bertahap dan searah jarum jam.

Jika sudah, cek kekencangan rantai menggunakan tangan. Apabila masih kurang kencang, putar lagi searah jarum jam dan cek kembali kekencangannya.

Eratkan Kembali Mur dan Baut

Apabila rantai Anda sudah pas kekencangannya, sekarang adalah waktunya untuk mengembalikan posisi baut dan mur ke tempat semula. Mur-mur yang tadi telah dilonggarkan, sekarang bisa Anda eratkan kembali.

Jika motor Anda adalah bebek dan menggunakan rem tromol, maka lakukan penyetelan ulang melalui rem tromol tersebut ketika rantai sudah dikencangkan. Hal ini dimaksudkan karena sesudah Anda menyetel rantai, posisi roda belakang menjadi ke belakang.

Dengan demikian, rem tromol akan tertarik ke dalam. Oleh karena itu, lakukan cara mengencangkan rantai motor sesuai petunjuk yang ada agar motor tetap aman digunakan. Jika Anda khawatir tidak bisa melakukannya dengan baik, sebaiknya di bawa ke bengkel agar diperbaiki oleh ahlinya.