IDM Gak Muncul di Youtube

IDM Gak Muncul di Youtube dan Apa Saja Penyebabnya?

IDM Gak Muncul di Youtube

Dewasa ini, teknologi semakin canggih dan lebih memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya seperti IDM yang dapat membuat mudah aktivitas mendownload. Namun, seringkali ada kendala misalnya idm gak muncul di Youtube. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena pasti ada solusinya.

Apa Itu IDM?

Mungkin Anda masih belum cukup mengenal dengan istilah IDM satu ini? Pada umumnya, IDM ini merupakan singkatan dari Internet Download Manager. Dimana setiap pengguna yang menggunakan software ini, maka mereka akan jauh lebih mudah mendownload sesuatu tanpa harus salin link URL.

Apakah software ini penting? Tentu saja, apalagi bagi pengguna yang seringkali melakukan aktivitas download melalui perangkat PC / laptop. Terlebih lagi software ini memiliki kelebihan yang terbilang cukup banyak, antara lain seperti keamanan download, kemudahan serta kecepatan mendownload.

Bahkan softwarenya terbilang lima kali lipat lebih cepat ketika melakukan download apa pun. Baik video, film, atau musik sekali pun, termasuk di youtube pada Google Chrome / Mozilla Firefox. Tidak hanya itu, IDM ini juga bisa digunakan untuk dapat menjadwalkan serta melanjutkan download – an.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Youtube (Mozilla Firefox)

Pada umumnya, ada dua kemungkinan pengguna menggunakan software IDM ini. salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas download melalui Mozilla Firefox. Jikalau Anda menggunakannya dan tidak menemukan adanya IDM di bagian sudut halaman. Ikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Bukalah Mozilla Firefox
  • Kemudian, pilih Menu dan Add Ons
  • Di Add Ons, pilih ikon Gear
  • Lalu klik Install Add On from File
  • Bukalah direktori Instal IDM Anda di PC
  • Pilih saja File idmmzcc.xpi
  • Klik Open
  • Tunggu saja sampai pemsangan ekstensionnya selesai
  • Restart Mozilla Firefox Anda
  • Lalu coba buka Youtube dan lakukan Download IDM
  • Proses mengatasi IDM tidak muncul selesai

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Youtube Pada Google Chrome

Selain di Mozilla Firefox, pengguna IDM juga seringkali menggunakannya di Google Chrome untuk mendownload sesuatu. Baik itu film, video atau bahkan musik sekali pun. Namun, tidak sedikit dari mereka yang mengalami kendala seperti IDM tidak muncul di sudut mana pun. Berikut solusinya.

  • Bukalah Google Chrome Anda
  • Lalu buka ekstensi IDM
  • Caranya, klik Settings, lalu More Tools dan Ektension
  • Pilihlah IDM Integration Module
  • Setelah itu, pilih Remove dan klik Remove
  • Bukalah Windows Explorer
  • Lalu Local Disk C
  • Kemudian, pilihlah Program File x86 / sesuai bit
  • Pilihlah crx (Tahan lalu seret ke Google Chrome)
  • Selanjutnya, pilih Add Extension jika muncul pop up
  • Klik Oke dan Restart Menu Chrome
  • Proses mengatasi IDM tidak muncul di Chrome selesai

Beberapa Macam Tips Mengatasi IDM Tidak Muncul / Error

Tidak hanya kendala yang berkaitan dengan aplikasi youtube saja. Biasanya pihak pengguna yang hendak melakukan download apa pun jenisnya, seringkali mengalami masalah lain. Entah itu dowonload – an tidak kunjung selesai, tidak bisa mendownload suatu jenis file dan lain-lain.

1. Lakukan Restart dari IDM

Salah satu tips yang mungkin bisa membantu Anda yang tidak menemukan IDM di mana pun. Cobalah untuk merestart IDM tersebut, lebih tepatnya nonaktifkan lalu hidupan kembali. Siapa tahu software tersebut sedang mengalami error atau bahkan ada kendala dari pihak servernya langsung.

Jadi, tips utama yang perlu Anda coba adalah menonaktifkan IDM – nya terlebih dahulu. Cara untuk melakukannya juga cukup mudah, pengguna harus memeriksa tray icon IDM lalu klik kanan dan pilih exit. Setelah itu pilih IDM kembali dan membuka task manager, pilih IDMAN.exe dan hentikan lalu buka lagi.

2. Melakukan Restart Process Explorer.exe

Pada umumnya, explorer.exe ini merupakan sebuah program yang memiliki fungsi sebagai salah satu navigasi paling utama yang ada di Windows. Nah, program ini juga mempunyai keterkaitan erat dengan IDM yang biasanya bermasalah. Itu karena jika program tersebut error, IDM pasti juga error.

Oleh karena itu, tips selanjutnya yang bisa Anda coba jikalau tips sebelumnya tidak berhasil adalah dengan menghentikan proses Explorer.exe tersebut di Windows. Caranya mudah, buka task manager, lalu end process, close. Setelah itu buka saja kembali new task yang tertera.

3. Melakukan Re – Install IDM

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan tips lain yang cukup direkomendasikan ketika mengalami masalah pada IDM tidak muncul. Cobalah untuk melakukan re – install pada software tersebut. Maksudnya di sini adalah dengan menghapus software – nya dulu, lalu download saja lagi.

Namun, sebelum itu terjadi ada baiknya Anda harus memastikan. Jikalau ingin melakukan re – install, usahakan IDM yang ada di PC juga di uninstall. Supaya seluruh file IDM semuanya benar – benar hilang atau terhapus hingga bersih. Jadi, tidak ada lagi yang namanya duplikat file yang berbahaya.

4. Melakukan Restart Terhadap Windows

Tips selanjutnya yang bisa Anda contohkan / lakukan, yaitu dengan melakukan restart terhadap sistem operasi Windows sendiri. Restart Windows ini merupakan salah satu solusi yang terbilang cukup ampuh. Bahkan sudah banyak sekali yang menggunakan cara semacam ini, karena berhasil.

Dari selalu berhasil menggunakan cara ini, banyak pengguna justru lebih memilih mengaplikasikan cara ini ketika mengalami kendala IDM tidak muncul saat hendak mendownload sesuatu. Akan tetapi, sebelum merestart Windows Anda harus berhati – hati, supaya PC / laptopnya tidak terjadi error.

5. Update Pada Browser yang Digunakan

Tips yang mungkin bisa Anda gunakan / aplikasikan ketika cara sebelumnya gagal, yaitu cobalah untuk mengupdate browser terkait. Jadi, tidak hanya dari software IDM saja yang memerlukan update. Browser pun juga memerlukannya, supaya kesannya tidak selalu terjadi error atau nge – bug.

Caranya juga terbilang cukup mudah, bagi pengguna Mozilla Firefox cukup klik kanan lalu pilih langsung Check for Update Firefox. Sedangkan bagi pengguna Google Chrome, tetap klik kanan dan pilih saja langsung update Google Chrome. Biasanya cara ini akan sangat ampuh dan telah terbukti.

6. Periksalah Format dari File Pendukung

Pada umumnya, IDM atau merupakan singkatan dari Internet Download Manager ini sudah support berbagai macam jenis file. Walaupun terkesan cukup canggih, software unggulan untuk mendownload ini juga seringkali mengalami suatu kendala. Misal error atau IDM tidak pernah muncul.

Nah, untuk dapat mengatasi hal tersebut. caranya terbilang cukup mudah dan simpel. Pertama pilih option di daftar menu. Setelah itu klik saja file types dan tambahkan saja file yang Anda inginkan. Jadi, intinya sebelum melakukan download file apa pun. periksalah format file pendukung dulu.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga lengkap, mengenai informasi penting yang membicarakan tentang cara mengatasi idm gak muncul di Youtube. Bahkan juga memberikan pembahasan terkait tutorialnya serta tips yang bisa Anda tiru jikalau IDM mengalami masalah serius.