Review Asus TUF FX505GD: Laptop Gaming

Review Asus TUF FX505GD –¬†Asus TUF FX505GD adalah laptop gaming kelas menengah terbaru dari Asus yang menawarkan performa yang cukup mumpuni dengan harga yang terjangkau. Dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5-8300H dan kartu grafis Nvidia GTX 1050, laptop ini dapat menjalankan game-game modern dengan lancar.

Review Asus TUF FX505GD

Desain dan Tampilan

Asus TUF FX505GD memiliki desain yang cukup sederhana namun tetap terlihat menarik dengan lapisan aluminium pada bagian depannya. Laptop ini juga dilengkapi dengan layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD (1920×1080) yang cukup tajam dan jernih. Sementara itu, bagian bawahnya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama untuk melindungi laptop dari guncangan dan benturan.

Performa

Dalam hal performa, Asus TUF FX505GD tidak mengecewakan. Ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-8300H quad-core dengan kecepatan hingga 3,9 GHz, laptop ini dapat menangani tugas-tugas yang membutuhkan daya prosesor yang tinggi seperti rendering dan editing video dengan lancar. Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan kartu grafis Nvidia GTX 1050 yang mampu menjalankan game-game modern dengan pengaturan grafis medium hingga high.

Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan 8GB RAM DDR4 dan hard drive berkapasitas 1TB yang memberikan ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan game, aplikasi, dan file-file lainnya.

Fitur dan Fungsi

Asus TUF FX505GD dilengkapi dengan berbagai fitur dan fungsi yang berguna untuk para gamer. Laptop ini dilengkapi dengan sistem pendingin HyperCool yang menggunakan dua kipas dan heat pipe untuk menjaga suhu laptop tetap dingin saat digunakan untuk bermain game atau melakukan tugas-tugas berat lainnya.

Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan keyboard dengan backlit RGB yang nyaman dan responsif saat digunakan untuk bermain game atau mengetik. Laptop ini juga dilengkapi dengan speaker stereo yang cukup baik untuk ukuran laptop.

Kelebihan dan Kekurangan 

Asus TUF FX505GD memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya sebagai laptop gaming kelas menengah yang cukup menonjol di pasaran, di antaranya:

  1. Performa yang Mumpuni: Laptop ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5-8300H quad-core dengan kecepatan hingga 3,9 GHz dan kartu grafis Nvidia GTX 1050 yang mampu menjalankan game-game modern dengan pengaturan grafis medium hingga high. Dengan RAM 8GB dan hard drive berkapasitas 1TB, laptop ini mampu menangani tugas-tugas yang membutuhkan daya prosesor dan penyimpanan yang besar.
  2. Desain yang Kokoh: Asus TUF FX505GD dirancang untuk menjadi laptop gaming yang tahan lama dan kokoh. Bagian depannya terbuat dari lapisan aluminium dan bagian bawahnya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama untuk melindungi laptop dari guncangan dan benturan.
  3. Sistem Pendingin yang Efektif: Laptop ini dilengkapi dengan sistem pendingin HyperCool yang menggunakan dua kipas dan heat pipe untuk menjaga suhu laptop tetap dingin saat digunakan untuk bermain game atau melakukan tugas-tugas berat lainnya.
  4. Keyboard Backlit RGB: Keyboard pada laptop ini memiliki backlit RGB yang membuatnya lebih mudah digunakan pada kondisi pencahayaan yang minim.
  5. Fitur-Fitur Gaming yang Berguna: Laptop ini dilengkapi dengan fitur-fitur gaming seperti tombol WASD yang diberi warna khusus, speaker stereo yang cukup baik untuk ukuran laptop, dan layar Full HD yang cukup tajam dan jernih.
  6. Harga Terjangkau: Dibandingkan dengan laptop gaming lainnya yang sekelas, Asus TUF FX505GD memiliki harga yang terjangkau dengan performa yang cukup mumpuni. Ini menjadikannya sebagai pilihan yang tepat bagi para gamer yang ingin memiliki laptop gaming dengan harga yang terjangkau namun tetap dapat memenuhi kebutuhan gaming mereka.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Asus TUF FX505GD juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  1. Baterai Cepat Habis: Laptop ini memiliki baterai yang cepat habis saat digunakan untuk tugas-tugas yang membutuhkan daya prosesor yang tinggi atau saat digunakan untuk bermain game. Karena itu, pengguna perlu sering mengisi ulang baterai jika ingin menggunakan laptop ini dalam waktu yang lama.
  2. Berat yang Cukup Lumayan: Asus TUF FX505GD memiliki berat yang cukup lumayan untuk sebuah laptop gaming yaitu sekitar 2,2 kg. Ini membuatnya kurang praktis jika pengguna ingin membawanya ke tempat lain.
  3. Kualitas Layar yang Standar: Meskipun memiliki resolusi Full HD yang cukup tajam dan jernih, kualitas layar pada laptop ini tergolong standar dan tidak memiliki warna yang terlalu hidup. Ini membuatnya kurang cocok untuk pengguna yang lebih memperhatikan kualitas visual yang tinggi.
  4. Tidak Ada Thunderbolt 3: Asus TUF FX505GD tidak dilengkapi dengan port Thunderbolt 3, yang dapat membatasi kemampuan pengguna untuk menghubungkan perangkat lain dengan laptop ini.
  5. Tidak Dilengkapi dengan SSD: Meskipun memiliki hard drive berkapasitas 1TB yang cukup besar, laptop ini tidak dilengkapi dengan SSD. Padahal, kehadiran SSD dapat meningkatkan kecepatan booting dan kinerja aplikasi pada laptop.
  6. Tidak Ada Webcam yang Berkualitas Tinggi: Laptop ini hanya dilengkapi dengan webcam dengan kualitas standar yang tidak terlalu baik. Hal ini mungkin tidak menjadi masalah besar bagi pengguna yang tidak sering menggunakan webcam, namun dapat menjadi kendala bagi pengguna yang sering melakukan video call atau video conference.