10 Investasi Paling Menguntungkan dan Aman

Investasi Paling Menguntungkan – Jika Anda ingin memperbaiki kondisi keuangan hal ini bisa dilakukan dengan cara bisnis investasi. Apalagi untuk generasi millennial yang sudah memulai untuk berinvestasi sejak dini. Semakin dengan banyaknya suatu kebutuhan dalam kehidupan, terkadang kita selalu cemas dengan masa depan. Untuk mengatasi hal itu dan meningkatkan kondisi finansial keuangan agar terlihat stabil. Salah satunya dengan mencoba berinvestasi untuk bekal di masa depan. 

Terkadang ada beberapa pertimbangan saat ingin memulai investasi yaitu ingin mendapatkan keuntungan dan keamanannya. Namun kita harus memilih jenis investasi agar tujuan finansial kita tercapai dan terhindar dari segala kerugian atau penipuan. Sebelum Anda memulai investasi pastinya harus lebih banyak mengetahui seputar seluk beluk investasi. Untuk Anda yang masih kebingungan mencari investasi  paling menguntungkan simak artikel ini sampai selesai. 

  • Emas 

Emas merupakan sebuah bentuk investasi modal yang terbilang menguntungkan karena nilainya akan terus naik tidak terpengaruh inflasi. Investasi emas ini disebut investasi paling disukai karena sudah dilakukan sejak dahulu. Hal yang paling menarik, emas bisa dicairkan berupa uang bila Anda memerlukan dana yang mendesak. Anda bisa membeli emas murni untuk disimpan sebagai aset berharga. Kelebihan yang ditawarkan bila investasi menguntungkan maka nilai aset akan stabil dan minim resiko nilai jatuh terlampau jauh. Jenis investasi saham dimulai dari emas perhiasan, emas batangan atau logam mulia, dan tabungan emas.

  • Reksadana 

Reksadana salah satu investasi paling menguntungkan di tengah masyarakat. Reksadana merupakan investasi bagi masyarakat yang memiliki modal kecil dan pemodal yang tidak banyak memiliki banyak waktu untuk keahlian dalam menghitung risiko atas investasi mereka. Reksadana pun diberi harapan dapat meningkatan peran para pemodal lokal yang berinvestasi di pasar modal Indonesia. Jenis reksadana diantaranya, reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham.

  • Obligasi 

Obligasi bisa disebut dengan surat pengakuan atau surat utang. Penerbitan obligasi harus diterbitkan sesuai dengan perjanjian untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunga pada waktu yang sudah ditentukan. Investasi obligasi pun salah satu investasi yang menguntungkan karena memberikan penawaran persentase keuntungan yang cukup stabil. Surat pengakuan utang ini biasanya diterbitkan oleh pemerintah atau korporasi. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk diterbitkan oleh perseorangan. Keuntungan diberikan saat ini adanya pembagian kupon yang artinya sebagai tanda bukti kepemilikan investasi obligasi. 

  • Saham 

Saham salah satu investasi paling menguntungkan karena instrumen nya sudah bertahan sejak dari dahulu kala. Saham dikenal sebagai surat yang menjadi bukti seseorang bagian modal suatu perusahaan. Jika seseorang yang memiliki saham di perusahaan tersebut pastinya memiliki hak atas sebagian aset perusahaan. Saham diartikan sebagai tanda penyertaan modal dari seseorang atau badan usaha sebagai pihak tertentu. Dengan melakukan aktivitas ini tentunya memiliki banyak keuntungan apalagi untuk bekal di masa depan. Jenis saham yang akan dipilih dari sektor industri yang terjual dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sisi lain yang menguntungkan, saat memulai investasi saham harus diperlukan pemahaman dan analisis yang cukup mendalam karena memiliki resiko yang cukup tinggi.

  • Deposito 

Salah satu investasi yang menguntungkan ada dari deposito. Deposito merupakan produk penyimpanan uang yang disediakan oleh bank dengan sistem penyetoran di awal. Deposito sama halnya dengan menabung pada umumnya. Maka dari itu jenis investasi ini paling minim resiko dan bisa dimulai dari nominal yang kecil. Jangka waktu deposito ditawarkan adalah dimulai dari 1, 3, 6, 12 bahkan 24 bulan. Jenis deposito ada bermacam-macam diantaranya deposito berjangka, sertifikat deposito, dan deposito on call. 

  • Tanah dan Properti 

Banyaknya masyarakat hingga saat ini ingin berinvestasi melalui tanah dan properti. Maka dari itu investasi yang menguntungkan. Nilai yang membuat naik setiap saat bagi Anda yang memiliki dana. Jika Anda ingin mencoba investasi ini harus memiliki sedikit keberanian karena memiliki risiko yang cukup tinggi. Tetapi keuntungan lainnya, investasi ini akan terus meningkatkan potensi dan kondisi keuangan Anda. 

  • Franchise

Investasi yang menguntungkan salah satunya franchise ini, mungkin beberapa orang mengetahui sudah banyak franchise yang tersebar dimana-mana. Hal itu sudah banyak orang yang melakukan investasi ini. Franchise adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha yang bertujuan untuk memasarkan produk/jasa yang sudah disepakati oleh pihak lain berdasarkan perjanjian. 

  • P2P (Peer To Peer) Lending

Perkembangan investasi peer to peer di Indonesia cukup terbilang sangat berkembang dikarenakan sudah banyak jumlah perusahaan fintech yang terdaftar di OJK. P2P ini bagi Anda yang belum tahu adalah investasi berbasis crowdfunding dimana investor memberikan pinjaman dalam mata uang rupiah kepada debitur dengan return yang lebih tinggi. 

  • Trading Cryptocurrency 

Investasi yang paling menguntungkan ada dari Trading Cryptocurrency yang merupakan aset atau crypto yang bisa diperdagangkan di bursa berjangka. Trading Cryptocurrency bisa disebut dengan aktivitas menjual dan membeli aset mata uang digital yang tersedia di pasar cryptocurrency dengan tujuan memperoleh keuntungan. Trading crypto memiliki prinsip sama dengan trading investasi. Tetapi, trading crypto  memiliki resiko tingkat volatilitasnya cukup tinggi. Anda bisa memulai trading crypto dengan menginstall beberapa aplikasi trading crypto yang sudah legal oleh OJK dan BAPPEBTI. Ada berbagai aset yang tersedia dimulai dari Bitcoin, Dogecoin, Ethereum dan masih banyak lagi. 

  •  Peternakan dan Pertanian 

Mungkin belum banyak mengetahui mengenai investasi di bidang peternakan. Konsep investasi peternakan ini cukup memberikan keuntungan yang cukup besar dari segi keuangan. Contohnya, bila Anda ingin berinvestasi di bidang peternakan salah satunya dengan membeli seekor sapi dengan harga di awal Rp. 15.000.000. Setelah berjalannya dengan waktu, melihat kondisi sapi tersebut yang bobot nya sudah naik dari sebelumnya akan mengakibatkan harga jual bertambah besar dua kali lipat. Bahkan bisa terjual di harga Rp. 30.000.000.

Selanjutnya, bila Anda bisa berinvestasi di bidang pertanian ini strategi yang baik. Dikarenakan minat dalam produksi pertanian telah tumbuh bersama dengan populasi dunia. Untuk masuk ke dunia pertanian Anda bisa menggunakan platform online yang sudah tersebar dimana-mana. Keuntungan bergabung dengan investasi pertanian ini membantu sektor pertanian untuk meningkatkan jumlah produksi pertanian.