Begini Cara Mengetahui HP yang Sudah di Root dengan Mudah

Apakah kamu sudah mengetahui cara mengetahui hp yang sudah di root? Sebagian orang terutama pengguna smartphone android mungkin sudah tidak asing dengan apa itu root atau rooting.

Secara sederhana, root atau rooting dapat dijelaskan sebagai proses di mana pengguna android bisa memiliki akses penuh dalam sistem operasi smartphone android yang digunakan. Lantas, bagaimana kita mengetahui sebuah perangkat telah selesai root?

Kali ini kami akan memberikan beberapa cara untuk mengecek status rooting sebuah perangkat android. Di samping itu, kami akan menjelaskan keuntungan perangkat android yang selesai terkena root.

Ketahui Apa Itu Root HP yang Sebenarnya

Sebelum menjelaskan cara mengetahui hp yang sudah di root, kamu perlu mengetahui apa itu root atau rooting terlebih dahulu. Secara harfiah, root berasal dari bahasa Inggris yang artinya akar.

Ini mengandung makna bahwa smartphone yang di rooting bisa diakses sampai ke akarnya. Dengan kata lain, root adalah kondisi smartphone yang mana pengguna memiliki akses dan kontrol penuh atas perangkat yang digunakannya.

Dengan demikian, jika kamu melakukan rooting ke hp, kamu bisa melakukan apa saja di perangkat tersebut melalui proses-proses tertentu. Perlu kamu ketahui, perangkat android yang kamu gunakan menggunakan sistem operasi berbasis Linux.

Dengan basis Linux, sistem operasi pada perangkat sifatnya open source. Ini memungkinkan pengguna melakukan modifikasi sistem operasi sesuai yang diinginkan. Dengan kemungkinan tersebut, kamu memerlukan cara mengetahui hp yang sudah di root.

Jangan khawatir, Google selaku pemilik android tidak melarang pengguna untuk melakukan rooting pada perangkatnya. Meski demikian, beberapa perusahaan membekali perangkat buatannya dengan teknologi Lock Boatloader.

Misalnya saja pada perangkat Sony, ASUS, hingga HTC ataupung perangkat yang diproduksi oleh Google. Lock Boatloader sendiri adalah teknologi untuk penguncian sistem operasi android.

Jadi, pada saat kamu membeli smartphone android, tidak semua fitur bisa diakses secara langsung karena ada beberapa yang terkunci. Meskipun sistem operasi terkunci oleh Lock Boatloader, Google tetap memungkinkan pengguna untuk membuka kunci tersebut.

Ini Cara Mengetahui HP yang Sudah di Root

Ada beberapa modifikasi yang bisa kamu lakukan setelah melakukan rooting hp. Misalnya custom ROM, menghapus aplikasi bawaan, serta beberapa modifikasi lainnya. Namun proses pembuatan akses root tidak selalu berjalan lancar.

Bahkan, rooting bisa mengalami kegagalan yang akhirnya mengakibatkan bootloop. Untuk mengetahui apakah proses rooting berhasil atau tidak, perhatikan beberapa cara mengetahui hp yang sudah di root berikut ini.

  1. Tanpa Aplikasi

Untuk mengecek apakah perangkat android yang digunakan sudah di root atau belum, kamu bisa melakukannya secara langsung, tanpa harus menggunakan aplikasi khusus. Ketika kamu membuat akses root, akan terdapat jejak yang dapat ditelusuri.

Kamu dapat melihat jejak akses root tanpa harus menggunakan aplikasi khusus. Untuk mengetahuinya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Aktifkan perangkat smartphone android yang kamu gunakan
  • Selanjutnya, pastikan software yang digunakan untuk membuat akses rooting, yakni KingRoot atau SuperSU
  • Langkah berikutnya, silakan buka menu aplikasi pada perangkat
  • Kemudian cari aplikasi SuperSU atau Kinguser

Cara mengetahui hp yang sudah di root yaitu apabila kamu menemukan salah satu aplikasi tersebut. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan yaitu cara ini harus dilakukan setelah kamu melakukan proses rooting sampai selesai.

Ini karena kedua aplikasi tersebut biasanya memang sudah ada meskipun kamu belum membuat akses root pada perangkat. Maka dari itu, memang ada beberapa step untuk mengetahuinya.

  1. Menggunakan Root Checker

Cara mengetahui hp yang sudah di root atau belum selanjutnya yaitu menggunakan Root Checker. Cara ini adalah alternatif yang mudah dan efektif. Ini karena beberapa perangkat terkadang tidak menampilkan aplikasi SuperSU atau Kinguser akibat ada kesalahan tertentu.

Jadi, menggunakan aplikasi Root Checker adalah pilihan tepat tanpa kebingungan. Untuk menggunakan Root Checker, kamu harus mendownload aplikasi ini terlebih dahulu di Play Store agar terinstall di perangkat android.

Setelah terinstall, kamu bisa mengecek apakah perangkat sudah di root atau belum dengan cara berikut:

  • Aktifkan smartphone android yang kamu miliki
  • Buka app Root Checker yang telah terinstall di perangkat
  • Klik opsi Agree
  • Klik tombol Verify Root Access
  • Kemudian klik tombol Grant, lalu tunggu beberapa saat
  • Jika proses sudah selesai berjalan, layar akan menampilkan konfirmasi berkaitan dengan hasil analisis. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah perangkat tersebut sudah di root atau belum.
  1. Menggunakan Terminal

Berikutnya, cara mengetahui hp yang sudah di root atau belum bisa dilakukan dengan menggunakan Terminal. Meskipun tampaknya agak rumit, namun sebenarnya metode ini cukup mudah dipahami.

Ikuti cara berikut ini:

  1. Langkah pertama, download kemudian pasang Terminal
  2. Buka Terminal
  3. Kemudian, perhatikan tulisan yang ditampilkan pada layar. Adapun keterangan atau arti tulisan yang ditampilkan adalah:
  • Apabila muncul tanda # pada layar, maka bisa dipastikan bahwa perangkat kamu sudah di root.
  • Sedangkan jika tanda yang muncul adalah $, artinya smartphone kamu belum memiliki akses root.

Kelebihan HP yang Sudah di Root

Beberapa orang mungkin belum mengetahui apa kelebihan perangkat hp yang sudah memiliki akses root. Setelah mempelajari cara mengetahui hp yang sudah di root atau belum, kenali beberapa kelebihan jika smartphone memiliki akses root berikut ini.

  1. Menghapus Aplikasi Bawaan

Setiap perangkat smartphone biasanya sudah dibekali dengan sejumlah aplikasi bawaan sehingga pengguna tidak perlu menginstallnya secara manual. Aplikasi bawaan tentu memakan memori internal dan RAM meskipun kamu tidak membutuhkannya.

Sayangnya, kamu tidak bisa melakukan uninstall begitu saja. Namun tenang saja, dengan memiliki akses root, kamu bisa menghapus aplikasi bawaan yang tidak perlu. Dengan begitu, memori internal maupun RAM tidak terkuras habis.

  1. Backup dan Restore Aplikasi

Ingin smartphone kamu selalu dalam kondisi fit dan tidak lemot? Salah satu caranya adalah melakukan factory reset. Namun factory reset akan membuat aplikasi yang telah terinstall terhapus.

Namun install ulang semua aplikasi setelah factory reset tidak perlu dilakukan berkat aplikasi Titanium Backup. Nah, untuk mem-backup dan restore aplikasi menggunakan Titanium Backup, kamu perlu akses root. Untuk itu, pahami cara mengetahui hp yang sudah di root.

  1. Mengontrol Kernel dan CPU

Apabila memiliki akses root pada perangkat, pengguna dapat melakukan overclock CPU hp. Overclock sendiri adalah langkah yang dilakukan untuk mendorong processor hp bekerja sampai batas maksimalnya.

Karena processor bekerja secara maksimal, tentunya kinerja smartphone kamu juga akan lebih cepat serta ringan. Ini tentu akan membuat aktivitas seperti bermain game atau lainnya lebih memuaskan.

  1. Menghindari Wakelock

Dengan cara mengetahui hp yang sudah di root dan memiliki akses root, kamu bisa terhindar dari wakelock. Wakelock sendiri bisa diartikan sebagai terbangunnya sistem karena aplikasi-aplikasi yang terus berjalan di latar belakang.

Kondisi ini dapat membuat hp kamu terasa lambat sekaligus menguras baterai. Aplikasi Greenify adalah solusi untuk mengatasinya. Namun, untuk menikmati fitur Greenify, kamu harus memiliki akses root.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan hp yang memiliki akses root, kamu mungkin tertarik melakukan rooting. Untuk mengecek apakah proses tersebut berhasil, silakan gunakan cara mengetahui hp yang sudah di root di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *